Home » » Open Sources di Indonesia

Open Sources di Indonesia




Indonesia saat ini sebenarnya belum cocok dengan aplikasi open source tapi lebih cocok aplikasi gratis.
Kenapa demikian? karena kita di Indonesia saat ini lebih butuh aplikasi yang gratis dan bukan open source.Semangat aplikasi open source adalah kontribusi pada aplikasi open source itu, nah ini bagi kita di Indonesia saat ini belum ada (Walaupun ada tapi sangat sedikit dan lebih bersifat personal).

Kita masih memanfaatkan aplikasi open source untuk komersial artinya kita membuat aplikasi komersial dari aplikasi open source. Ini bukannya salah tetapi ini peluang usaha baru. Tapi apakah kita benar-benar tau apa itu Open Source? hati-hati!!! Lisensi aplikasi open source ada banyak macam: GNU, Apache, LGPL, etc… Masing-masing punya ketentuan.

Ada yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi komersial tapi ada juga yang melarang keras. Artinya kita tidak boleh menggunakan aplikasi open source tsb untuk membuat aplikasi lain yang komersial. IGOS dari pemerintah merupakan langkah yang positif tapi sayang kurang menggigit.

Buktinya?? SBY malah mengundang Bill Gate untuk mamancing pertumbuhan IT di Indonesia, jadi jelas IGOS kurang dapat dukungan dari RI 1. Tapi okelah.. yang penting saat ini bagi kita di Indonesia adalah bagaimana memanfaatkan aplikasi open source (tentunya memperhatikan lisensinya) untuk kemakmuran bangsa ini.

Sunber http://frijal.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Michaell Blog - All Rights Reserved
Powered by Blogger