Sekillas Tentang BIOS

Pada postingan kemarin saya sudah membahas tentang Motherboar dan Power Supply. saya hanya ingin membagikan ilmu yang saya dapat dari sekolah sekalian saya mengingat-ingat apa yang telah saya dapat dari sekolah, karena dengan cara saya postingkan ilmu yang saya dapat disini maka saya akan selalu ingat pada pelajaran yang telah saya pelajari di sekolah.
Sekilas tentang BIOS menurut saya BIOS adalah system operasi atau OS yang paling dasar yang ada di dalam komputer sebulum terinstall windows. BIOS merupakan sebuah chips yang tersimpan dalam EPROM atau EEPROM yang berfungsi untuk mengontrol komponen-komponen atau hardwere yang terpasang, dan memeriksa kondisi komponen tersebut dalam kondisi baik atau rusa. Jika ada salah satu komponen atau hardwere yang ada di dalam komputer tersebut dalam kondisi tidak baik atau rusak maka BIOS akan mendeteksi dalam bentuk POST (Power On Self Tes) yang akan memberi pesan peringatan yang berbentuk suara beep atau langsung ditampilkan pada layar monitor.

Merek BIOS yang Ada di Pasaran :

1.  AMI AWARD
2.  Phoenix
3.  American Megatrends
4.  Award Softwere
Dan lain-lain, sementara ini hanya itu yang saya tahu, jika ada pengunjung blog yang tahu tahu lebih banyak tentang merek BIOS mohon di lengkapi.



Komponen BIOS :
Dalam BIOS, terdapat beberapa komponen dasar, yakni sebagai berikut:
Contoh dari CMOS Setup (Phoenix BIOS)
  • Program BIOS Setup yang memungkinkan pengguna untuk mengubah konfigurasi komputer (tipe harddisk, disk drive, manajemen daya listrik, kinerja komputer, dll) sesuai keinginan. BIOS menyembunyikan detail-detail cara pengaksesan perangkat keras yang cukup rumit apabila dilakukan secara langsung.
  • Driver untuk perangkat-perangkat keras dasar, seperti video adapter, perangkat input, prosesor, dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16-bit (dalam hal ini adalah keluarga DOS).
  • Program bootstraper utama yang memungkinkan komputer dapat melakukan proses booting ke dalam sistem operasi yang terpasang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Deepfreeze dan Undeepfreeze 7 Full