Home » » Sekilas Tentang Motherboard

Sekilas Tentang Motherboard




Motherboard alias mainboard alias system board, ketiganya mengacu pada satu barang yang sama, yakni sebuah papan sirkuit dan panel-panel elektronik yang menggerakan system PC secara keseluruhan. Secara prinsip, sebuah motherboard terdiri atas beberapa bagian yakni system CPU (prosesor), sirkuit clock/timing, Ram, Cache, ROM BIOS, I/O port seperti port serial, port pararel, slot ekspansi, prot IDE.

Terutama sekali, sedikitnya ada 7 hal yang harus diperhatikan pada sebuah motherboard. Ketujuh komponen tersebut adalah :
1. Chipset
2. Tipe CPU
3. Slot dan tipe memori
4. Cache memory
5. Sistem BIOS
6. Slot ekspansi
7. Port I/O

Disebut chipset karena barang satu ini umumnya merupakan sepasang chip yang mengendalikan prosessor dan fitur-fitur hardware yang ada pada mortherboard secara menyeluruh. Sepasang chip ini, yang satu buah disebut North Bright chip dan satu lagi dipanggil South Bridge chip, bisa dibilang merupakan panglima tertinggi pada sebuah system bernama motherboard.Saat ini, terdapat banyak motherboard dengan chipset yang berbeda-beda. Jenis chipset yang digunakan pada motherboard akan menentukan beberapa hal antara lain.

1. Tipe prosesor yang bisa digunakan
2. Jenis memori yang bias mendukung system PC dan kapasitas maksimumnya
3. Kelengkapan I/O yang mampu disediakan
4. Tipe display adapter yang bisa digunakan
5. Lebar data pada motgherboarad yang bisa didukung
6. Ketersedian fitur-fitur tambahan (misalnya LAN, sound card, atau modem onboard).

Jenis CPU

Jenis konektor prosessor (slot/socket) menentukan jenis prosessor yang dapat digunakan dan batasan upgrade dari prosessor. Jenis CPU berbeda berdasarkan jenis socket pada motherboard, dan jumlah socketnya.

Slot Memory

Slot jenis DDR DIMM atau RIMM adalan pilihan yang terbaik karena mendukung kapasitas memori lebih besar. Untuk kecepatan, memori terbaik adalah DDR SDRAM atau RDRAM, tetapi RDRAM lebih mahal.

Slot Ekspansi

Perhatikan jenis dan jumlah slot ekspansi yang tersedia, seperti PCI bus minimal tipe 2.1, AGP bus 4 X support (minimum) dan ISA bus. Sesuaikan slot ekspansi dengan card adapter yang akan dipasang. Sebaiknya masih tersisa slot kosong untuk memasang card adapter yang mungkin diperlukan.

Port I/O

Periksa jenis dan jumlah port I/O yang tersedia seperti USB, Audio, serial dan parallel port. Sesuaikan dengan kebutuhan piranti eksternal.
Jika anda membutuhkan port I/O lebih maka anda dapat membelinya secara terpisah.
Share this article :

1 komentar:

  1. Terimakasih bro!! Sangat bermanfaat banget artikelnya...
    http://indrasadistic.blogspot.com/
    http://cbs-bogor.net/
    http://www.kaffah.biz/

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2013. Michaell Blog - All Rights Reserved
Powered by Blogger