Home » » Menggunakan Wifi Dapat Merusak Sperma Anda

Menggunakan Wifi Dapat Merusak Sperma Anda




Menurut penelitian terbaru dari para tim ilmuwan asal Argentina dan Amerika , menggunakan WiFi di laptop bisa merusak jumlah sperma pria, meski para ilmuwan di balik penemuan itu mengatakan para pria gak perlu terlalu khawatir dulu sejak studi itu baru ditampilkan atau terungkap dalam sebuah setting buatan. Adapun tim tersebut mendapati sebuah laptop jika didekatkan  di daerah organ reproduksi pria  sementara WiFi digunakan bisa mengakibatkan kualitas sperma menurun, dibandingkan dengan mereka yang gak menggunakan WiFi di temperatur yang sama.
Sperma yang terpengaruh secara negatif jadi kurang bisa berenang dan mengamali perubahan-perubahan yang tak bisa diubah dalam DNA mereka. Penemuan-penemuan itu, yang diterbitkan bulan ini oleh journal Fertility and Sterility, menyiratkan kerusakan itu disebabkan oleh radiasi elektromagnetik yang dipancarkan sinyal-sinyal wireless (tanpa kabel).

"Data kami menyiratkan bahwa penggunaan komputer laptop tanpa kabel yang terhubung ke internet dan posisinya dekat dengan organ-organ reproduksi pria kemungkinan menurunkan kualitas sperma manusia," ujar Dr Conrado Avendano, pemimpin tim yang berasal dari Nascentis Centre untuk Reproductive Medicine dari Argentina.

"Saat ini kami tidak tahu apakah efek ini disebabkan oleh semua komputer laptop yang terhubung dengan WiFi internet atau kondisi-kondisi apa yang digunakan yang meningkatkan efek ini," ujar Dr Conrado lagi seperti dilansir dari situs Metro.

Studi lain pada WiFi dan efek-efek kemungkinannya terhadap kesehatan ditampilkan tahun lalu yang membawa pada kesimpulan bahwa radiasi dari jariingan-jaringan (network) tanpa kabel menyebabkan bahaya-bahaya serius untuk pohon-pohon.

Penelitian itu, oleh Wageningen University di Belanda, menggaris-bawahi efek-efek samping termasuk variasi-variasi signifikan terhadap pertumbuhan, dan juga pendarahan dan juga retakkan di kulit.
Share this article :

4 komentar:

  1. wah yang bener nie sob?
    ane hampir tiap hari pake wifi

    BalasHapus
  2. Peneliti itu yang mengatakan sob.
    jadi klo saya percaya2 aja, karna mungkin mereka yang lebih pintar.
    hehehe
    tapi klo di fikir2 juga gax masuk akal ya?

    BalasHapus
  3. ternyata kemajuan teknologi juga membawa dampak yang negatif bagi kesehatan manusia. Yang terpenting bagaimana kita bisa memanage teknologi tersebut untuk kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  4. setuju gan, yang penting teknologi maju tapi tetap jagga kesehatan

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2013. Michaell Blog - All Rights Reserved
Powered by Blogger