Home » » Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur




Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur
Cara Mengatasi Susah Tidur Atau Insomnia | Cara Mengobati Insomia | Penyebab Insomia Atau Susah Tidur | Nah selamat Malam sahabat Michaell Blog, Apakah anda mengalami hal ini? Yaitu susah tidur, hingga tengah malam pun bekum tidur juga, nah itu lah Insomnia penyakit yang membuat kita susah tidur hehehe

Padahal tidur dan istirahat cukup itu merupakan kebutuhan pokok untuk anda semua, jadi jika anda kurang tidur maka konsentrasi anda akan hilang, atau terganggu. Akibatnya pekerjaan anda menjadi berantakan di esok harinya. Lalu bagaimana cara mengatasi Insomnia ini? Oke simak terus ya postingan Michaell Blog kali ini.

Berikut adalah Beberapa tips untuk mengatasi Insomnia :
1. Jangan berolah raga terlalu dekat dengan jam tidur karena hal ini akan membuat temperatur tubuh dan level adrenalin meningkat sehingga Anda menjadi susah tidur. Berilah tenggang waktu minimal 4 jam sebelum tidur jika Anda ingin berolah raga.

2. Kurangi konsumsi coklat, minuman bersoda dan makanan/minuman yang mengandung kafein sebelum tidur karena sifatnya yang menstimulasi otak sehingga susah tidur. Sama halnya dengan merokok.

3. Lakukanlah pijat dengan minyak aroma terapi atau minyak zaitun (olive oil) 1-2 kali seminggu sebelum mandi. Pemijatan rutin, selain mengurangi stress dan keletihan, juga membantu mengeluarkan toksin, membantu menyehatkan persendian, memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan energi.

4. Sebagai pengecualian tips no.2, tidurlah hanya jika Anda merasa mengantuk. Jika Anda tidak tertidur setelah setengah jam berbaring, cobalah bermeditasi atau membaca buku. Memaksakan diri untuk tidur hanya akan menyebabkan Anda gelisah dan malah tidak bisa tidur.

5. Makanlah dengan pola: sarapan sehat seimbang, makan siang dengan porsi sedang, dan makan malam dengan porsi kecil. Santaplah makan malam minimal 3 jam sebelum tidur agar lambung tidak bekerja terlalu keras untuk mencernanya. Konsumsilah diet sehat dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, sereal, dan beras merah. Hindari makanan yang susah dicerna seperti makanan berlemak dan manis.

6. Minumlah air putih yang cukup sepanjang hari, sampai dengan jam 6 sore (agar tidur Anda tidak terganggu dengan keinginan ke toilet). Menurut ilmu kedokteran Cina, gangguan toksin di ginjal juga bisa menjadi penyebab susah tidur. Banyaknya konsumsi cairan akan membersihkan toksin dari ginjal sehingga kerjanya lebih ringan.

7. Sebisa mungkin, tidurlah sebelum jam 10 malam. Menurut riset, sebelum waktu inilah orang paling mudah tertidur. Jika Anda melakukan aktivitas seperti mengobrol dengan teman atau menonton film kesukaan setelah jam 10 malam, maka perasaan mengantuk akan hilang dan berubah menjadi keletihan (fatique).

8. Problem utama sulit tidur adalah karena stress dan banyak pikiran. Penelitian menemukan bahwa kondisi mental kita saat tidur sangat mempengaruhi level cortisol (hormon stress) di dalam darah kita, dimana pikiran yang tertekan saat sebelum tidur akan menyebabkan tingginya level cortisol di dalam darah. Cobalah bermeditasi selama 15 menit sebelum tidur, agar pikiran lebih tenang dan rileks.

Mungkin para sahabat Michaell Blog dapat mengikuti tips di atas agar mengurangi Insomnia anda. yaitu tidur hingga larut malam, Oke sampai di sini dulu ya postingan kali ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda. Sampai ketemu lagi di postingan berikutnya ya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Michaell Blog - All Rights Reserved
Powered by Blogger