Home » » Steve Job Hanya Mendapat Gaji $1 Per Tahun

Steve Job Hanya Mendapat Gaji $1 Per Tahun




Steve Job Hanya Mendapat Gaju $1 Per Tahun | Gaji Steve Job di Apple | Penemu Apple Steve Job - Shabat Michaell blog, kali ini saya akan membagikan sebuah informasi yaitu Steve Job Hanya Mendapat Gaju $1 Per Tahun. Oke deh langsung saja simak nih Steve Job Hanya Mendapat Gaju $1 Per Tahun.

Semua orang pasti mengakui kehebatan mendiang Steve Jobs, mantan CEO dan salah satu pendiri Apple Inc. Dialah yang membawa kejayaan Apple Inc. dengan deretan produk suksesnya hingga seperti sekarang. Perusahaan bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat ini dalam beberapa tahun terakhir menjadi perusahaan paling berharga di dunia, bahkan pernah mengalahkan Exxon Mobil, perusahaan perminyakan Amerika yang selama ini bercokol di posisi teratas.

Lalu, pernahkah terpikirkan berapa gaji CEO dari perusahaan sehebat Apple tersebut? Anda pasti telah membayangkan tumpukan dollar dalam koper yang masuk ke dalam rekeningnya tiap bulan. Bayangan Anda tersebut keliru, Steve Jobs hanya menerima $1 per tahun sebagai CEO Apple Inc. Betul, hanya satu dollar per tahun! Anda tidak salah baca dan saya tidak salah ketik. Sebetulnya kabar ini sudah lama terdengar dan baru-baru ini CNN Money mengingatkan kembali gaji terendah dari CEO dari perusahaan ternama tersebut.

Jelas sekali, gaji Steve Jobs pasti jauh lebih rendah dibandingkan dengan gaji Anda, bahkan dengan gaji tukang sapu jalanan di Jakarta. Dengan upah sebesar atau sekecil tersebut Steve Jobs sempat masuk catatan rekor di Guiness Book of Records sebagai CEO dengan gaji paling rendah di dunia. Dan tambah lagi, tanpa ada bonus tahunan sepeser pun untuk mantan CEO yang telah meninggal dunia pada 5 Oktober 2011 lalu. Waduh!

Lalu bagaimana Steve Jobs membiayai hidupnya bersama anak isterinya? Pada era 1980-an hingga saat Steve Jobs mengundurkan diri pada 1985 ia digaji cukup besar sebagai Kepala Divisi Macintosh. Setelah mengundurkan diri dengan terpaksa, Steve menjual semua sahamnya di Apple yang saat itu bernilai $14 juta, jumlah yang sangat besar. Uang sebesar itulah yang mungkin menghidupi Steve Jobs dan keluarga dan saya kira itu sangat cukup bila diinvestasikan dengan benar. Kemudian Steve Jobs kembali lagi ke Apple pada tahun 1997 dan membesarkan Apple hingga seperti sekarang dengan jabatan CEO dan selama itu ia hanya rela digaji $1 dollar per tahun tanpa bonus. Satu-satunya pengeluaran besar dari perusahaan yang pernah diterima Steve adalah hadiah pesawat jet Gulfstream V senilai $90 juta dan reimburse uang transport sebesar total $240.000 hingga 2010.

Gaji Steve Jobs memang sangat-sangat jauh di bawah kita tapi tentu saja tidak serta-merta dapat disamakan dengan kita karena dia memegang saham Apple senilai $1,4 milyar dan saham perusahaan film Disney sebesar $4,4 milyar. Dari Disney saja dia pernah menerima penghasilan tertinggi sekitar $48 juta setahun. Jadi, jabatan CEO di Apple memang hanya dianggap “main-main” sehingga ia rela dibayar $1 setahun. Main-main yang sungguh bukan main karena dapat menghasilkan jajaran produk revolusioner dan menghidupi puluhan ribu orang yang mendukung Apple Inc.

Dari situ, kita bisa melihat dan belajar kesederhanaan pribadi seorang Steve Jobs. Seorang CEO yang selalu tampil minimalis dan khas: kaos hitam lengan panjang, celana blue jeans Levi’s dan sepatu lari merk New Balance. Kalau mau, sebetulnya ia dapat menuntut gaji tinggi dari Apple dan bahkan mungkin gaji CEO tertinggi yang pernah ada tetapi hal itu tidak dilakukannya. Ia tidak berusaha menumpuk harta dari mana saja, dia telah merasa cukup dengan saham-saham yang ia pegang. Sekian ya postingan Michaell Blog kali ini semoga bermanfaat bagianda semua.
Share this article :

2 komentar:

  1. wow,, good article sob,,
    haha,, penasaran juga tadi liat judulnya di dashboard blogger ,, haha

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2013. Michaell Blog - All Rights Reserved
Powered by Blogger